71,5% Wisudwan SUPM Tegal Terserap Dunia Usaha dan Dunia Industri Kelautan dan Perikanan

Tak seperti biasanya, kali ini Wisuda Angkatan 52 SUPM Tegal lebih punya nuansa lain. Sebelum acara dimulai, usai prosesi masuk ke ruangan, hadirin disuguhi lagu Yamke Rambe Yamko yang dibawakan dengan kompak, dinamis, dan menarik oleh tim paduan suara siswa dan Dharmawanita SUPM Tegal. Hadirin pun terkesima mendengar lantunan lagu asal tanah Papua itu. Usai dilantunkan satu lagu pembuka itu, ditampilkan pula tari Endel, tari khas Tegal yang dibawakan dengan apik oleh para siswi.

Hadir pada acara wisuda tersebut Walikota Tegal, Hj. Siti Masitha Soeparna, selaku Ibu Siswa-siswi SUPM Tegal dan Kepala Bagian Kelembagaan dan Ketenagaan BRSDM KP, Dr. Drama Panca Putra, M.Si, para pimpinan daerah yang tergabung dalam Forkompinda Kota Tegal, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tegal, Kepala Dinas Pertanian, Kelautan, dan Perikanan Kota Tegal, serta utusan dari dunia usaha dan industri perikanan.
Dalam laporan pendidikan yang disampaikan oleh Kepala SUPM Tegal, Dominggus Suruan, S.Sos, M.Si, SUPM Negeri Tegal pada Tahun pelajaran ini telah melaksanakan Ujian Nasional (UNBK) dengan hasil prestasi sebagai berikut.

- Hasil nilai UNBK menempatkan SUPM Tegal sebagai peringkat kedua UNBK SMK se-Kota Tegal.
- Untuk nilai kejuruan UNBK, SUPM Tegal menempati peringkat kedua SMK se-Provinsi Jawa Tengah.
- Untuk nilai matematika UNBK, SUPM Tegal menempati rangking kedua SMK se-Kota Tegal.
- Untuk jumlah nilai UNBK, salah satu siswa SUPM Tegal menempati rangking ketiga SMK se-Kota Tegal atas nama Okta Silvyana Saputri program keahlian TPHP dengan nilai 332,8.


Sedang pada serapan lulusan, dari 190 siswa yang akan diwisuda, 136 (71,5%) telah terserap di dunia usaha dan industri perikanan di dalam dan di luar negeri. Sedang 39 siswa (20,5%) mengikuti seleksi di Perguruan Tinggi. Dan 7 orang (3,68%) mengikuti seleksi TNI. Sedangkan 8 orang (4,21%) masih dalam proses menjadi rekrutan Dunia Usaha dan Industri Perikanan. Secara lengkap dapat dipaparkan pada tabel serapan di bawah ini.

 

 

Oleh : 1